proposal magang

Pendahuluan

            Setelah menyelesaikan masa studi strata satu, mahasiswa akan memasuki tahap baru yaitu dunia kerja. Dunia kerja memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan dengan dunia perkuliahan. Mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan teori yang didapat selama perkuliahan menjadi praktek secara langsung. Dalam proses adalahplikasi teori menjadi praktik tersebut, mahasiswa harus memiliki skill dan kemampuan yang sesuai. Oleh karena itu, Program Mata Kuliah Magang merupakan salah satu mata kuliah yang disediakan oleh setiap jurusan, Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Setiap mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dengan mengambil mata kuliah Magang tersebut, Ilmu yang didapatkan berbeda dengan ilmu yang didapatkan dari proses belajar mengajar selama kuliah karena akan diperoleh pengalaman kerja singkat diberbagai instansi pemerintahan maupun swasta. Oleh karena itu, Program Mata Kuliah Magang nantinya akan memberikan manfaat bagi mahasiswa sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja secara langsung.

            Melalui partisipasi dalam program mata kuliah Magang tersebut, dihara,kan mahasiswa memiliki gambaran yang jelas mengenai situasi dan dunia kerja secara nyata. Mahsiswa akan mengetahui kualitas dan kapabilitas fresh graduate seperti adalahpa menjadi daya tarik institusi-institusi pemerintahan dan swasta sehingga mahasiswa dapat mengukur kemampuan yang dimiliki dengan persyaratan dunia kerja. Hal ini sangat penting terlebih dalam ersa kontemporer tempat persaingan terhadap kemampuan mereka, mahasiswa dapat memperbaiki diri agar menjadi lebih kompetitif dan potensial. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja yang sangat berbeda dengan kehidupan kuliah.

            Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka penulis sebagai mahasiswa semester 5 (lima) pada Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Antasari memilih PT Bank Syariah Mandiri sebagai tempat yang sangat relevan untuk melaksanakan kegiatan magang.

            Jurusan S1 Perbankan Syariah sebagai jurusan yang ada di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari merupakan program yang bertujuan untuk mrnghasilkan seorang praktisi perbankan yang professional, memilki integritas dan berperan aktif dalam perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia.

Tujuan Kegiatan

            Adapun yang menjadi tujuan kami dari Mahasiswa/i Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam program studi Perbankan Syariah IAIN Antasari Banjarmasin dalam diadakannya Magang (praktikum B) ini yang bertempat di PT Bank Syariah Mandiri adalah:

  1. Meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri Antasari Fakultas Syariah Jurusan Perbankan Syariah dengan berbagai instansi, khususnya Lembaga Keuangan PT Bank Syariah Mandiri
  2. Mengetahui berbagai kegiatan operasional dan usaha serta perencanaan strategis yang dilakukan oleh PT Bank Syariah Mandiri khususnya bidang syarah.
  3. Mengetahui struktur kepemumpinan dan manajemen beserta pembagian tugas pada setiap bidang di PT Bank Syariah Mandiri
  4. Secara umum, dan bidang penempatan magang secara khusus (dengan cara ikut serta/ masuk dalam kegiatan operasianal bidang/bagian tersebut).
  5. Memberi gambaran nyata mengenai PT Bank Syariah Mandiri serta menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dibidang perbankan.
  6. Mempelajari serta lebih mendalami mengenai dinamika perekonomian Indonesia ,ada khususnya, dan dunia pada umumnya, sehingga menjadikan ekonomi sebagai media pembelajaran yang komprehensif.
  7. Memperkaya pengalaman di dunia kerja, terutama yang bergerak langsung ,ada sector ekonomi terutama ekonomi syariah.
  8. Setelah menyelesaikan pendidikan di Institut Agama Islam Negeri Antasari, diharapkan mahasiswa/i dapat memiliki persiapan untuk siap bersaing dalam mabghadapi situasi persaingan lingkungan kerja.
  9. Sebagai persyaratan untuk pemenuhan mata kuliah Magang (Praktikum B) jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Tempat Kegiatan

            Menyikapi perubahan ekonomi diseluruh Negara, mahasiswa memiliki keinginan untuk mempelajari secara lebih jelas beserta proses berlangsungnya dalam dunia kerja dengan mengambil mata kuliah Magang. Dengan tempat tujuan magang adalah PT Bank Syariah Mandiri maka mahasiswa mengharapkan mendapatkan pengajaran dan pengalaman yang kompeten dalam bidang perekonomian, terutama yang berkaitan dengan system perekonomian Syariah. Pelaksanaan kegiatan magang ini akan dilakukan dengan cara ikut serta dalam kegiatan operasional rutin pada hari-hari kerja di PT Bank Syariah Mandiri selama 1,5(satu setengah) bulan.

            Kegiatan akan dilaksanakan di :

            Tempat                        :     Jl.A.Yani Km 39,5 Martaapura    

            Waktu                         :     Diharapkan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari s.d 28 Februari 2013

            Untuk selanjutnya, PT Bank Syariah Mandiri diharapkan dapat memberikan penilaian terhadap kualitas kinerja mahasiswa selama mengikuti kegiatan magang ini.

 

Metode dan Rencana Pelaksanaan

            Pelaksanaan kegiatan magang ini akan dilakukan dengan cara ikut serta dalam kegiatan operasional rutin pada hari-hari kerja di PT Bank SSyariah Mandiri. Adapun rencana pelaksanaan kegiatan magang (target pencapaian) adalah sebagai berikut :

No

Rencana Kerja

Minggu

I

II

III

IV

V

VI

VII

1.

Adaptasi dan perkenalan dengan lingkungan tempat magang dan orangorang sekeliling tempat magang

 

 

 

 

 

2.

Mengetahui struktur kepemimpinan dan manajemen dalam Bank Syariah Mandiri dan job descriptionnya secara umum

 

 

 

 

3.

Mengetahu dan memahami mekanisme prosedur administrasi Bank Syariah Mandiri sehari-hari

 

 

 

4.

Mengetahi dan memahami mekanisme praktek kegiatan usaha Bank Syariah Mandiri, khususnya bidang syariah dalam hal penghimpunan dan penyaluran dana.

 

5.

Mengetahui dan memahami mekanisme praktek kegiatan usaha Bank Syariah Mandiri khususnya bidang syariah dalam hal jual beli dan pembiayaan

 

6.

Mengetahui dan memahami mekanisme praktek kegiatan usaha Bank Syariah Mandiri khususnya bidang syariah dalam penyelenggaraan jasa-jasa keuangan perbankan lainnya

 

7.

Membuat Laporan Akhir

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Kegiatan

            Pelaksanaan kegiatan ini adalah mahasiswa Perbankan Syariah (PS) IAIN Antasari Angkatan Tahun 2011 sebanyak 4 orang (CV masing-masing terlampir), yaitu:

  1. Zimah (1101160256)
  2. Nurul Huda (1101160235)
  3. Normasari (1101160230)
  4. Norain (1101160224)

 

 

 

 

Penutup

            Demikian proposal ini kami sampaikan dan sebagai bentuk kerjasama antara mahsiswa dan perbankan Indonesia dalam menyonysong era globaisasi. Terebih lagi diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi mahasiswa/i serta dapat membawa kebaikan dan manfaat bagi kedua belah pihak.

            Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman berpartisipasi langsung dalam sebuah lingkngan kerja, akan menjadi sebuah nilai tambah yang sangat berguna di waktu yang akan datang.

            Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Leave a comment